Tentang Rahasia Kecantikan Wanita Jepang

>> Jumat, 23 Oktober 2009

BY : Indri M-OHSE


Setiap Negara punya rahasia dalam hal perawatan kecantikan. Tidak terkecuali Jepang, negara yang saat ini saya tumpangi untuk hidup ini. Saat saya searching di internet beberapa waktu lalu, saya terkesan dengan beberapa artikel yang banyak beredar tentang rahasia kecantikan wanita Jepang, dimana pengarang artikelnya menuliskan sumber beritanya dari Naomi Moriyama atau dari review buku tersebut.

Saya sendiri hanya membaca ulasannya saja dan menurut saya ada beberapa hal yang harus ditambahkan dari artikel2 tersebut. Dengan membandingkan pengalaman saya sendiri dan isi artikel2 ini, maka saya tertarik untuk merilis ulang review buku Naomi versi saya sendiri. Pembaca yang terhormat, silahkan dinikmati.


Rahasia dari cantiknya wanita Jepang adalah benar jika berpangkal pada gaya hidup yang disiplin dan jenis2 makanan minuman yang mereka pilih. Beberapa hal diantaranya adalah :

  1. Nasi sedikit saja. Istilah go-han dalam nihon-go (bahasa Jepang) adalah satu mangkok nasi kecil yang jumlahnya relatif sedikit, ditambah variasi makanan lainnya.
  2. Pengganti Nasi ? Macam2 Mie..!Mie mempunyai lebih sedikit karbohidrat penyusun lemak diibandingkan nasi. Jenis2 mie yang biasa dimakan orang Jepang adalah Udon (kesukaan keluargaku,Soba (mie warna warni dari umbi atau sayuran, Ramen (mie versi Cina yang biasanya disajikan bersama daging atau kuah babi), dan Somen (?). Semua punya ciri rasa dan tekstur yang berlainan. Disajikannya pun dengan cara yang berlainan.
  3. Sayuran. Naomi menulis bahwa sudah menjadi kebiasaan wanita Jepang untuk makan pagi berupa sayuran. Saya sendiri di Jepang sangat suka makan salad yang 100 % sayuran. Tapi wanita Jepang sendiri suka makan sayuran yang masih mentah2 sebagaimana masyarakat Sunda.
  4. Kacang kedele. Yang ini biasanya sudah dalam bentuk kemasan. Jarang yang masih kedele utuh diolah disini kecuali kecambah. Masakan Jepang sendiri biasanya berbumbu kedele pasta atau dressing berbahan kedele yang biasanya rasanya agaka asam2 gurih dan sangat mengundang selera.
  5. Camilan buah-buahan. Orang Jepang tidak terlalu banyak makan buah. Ini benar tidaknya relatif, tergantung banget sama subyek yang diteliti, kebanyakan memang makan buah segar, saya sendiri punya pengalaman bahwa sirup atau essence apapun sebagai pengganti buah di pasaran atau supermarket lebih susah didapatkan disini dibandingkan di Indonesia, ini mungkin berhubungan dengan kebiasaan makan buah dalam bentuk masih segar.
  6. Bagaimana tentang makan kue manis, biskuit, donat...? benar, orang2 Jepang tidak terlalu suka manis, tapi toko2 kue disini sama banyaknya dengan di Indonesia, kesimpulan saya, orang Jepang juga sama, sama sama suka kue seperti kita
  7. Hidangan penutup yang dipanggang, bakar, apalagi kemasan, memang kurang disukai dibandingkan yang masih segar. Hal ini memang berlaku khususnya bagi ikan, bagi daging ? mau gak mau ya diolah dulu...mungkin kalo masalah daging orang2 dari timur tengah lebih banyak variasinya, katanya mereka bahkan terbiasa makan daging mentah/ hanya dicelup dalam air panas terus dimakan.
  8. Kebiasaan makan ikan. Dalam hal ini, orang Jepang tak tertandingi di dunia. dan Salmon memang menjadi ikan paling laris dan secara umum digemari disini. Sushi dan sashimi adalah bentuk dari kecintaan makan ikan mentah ini. Kami sekeluarga memang menyukai makanan ini juga, harganya bervariasi dan direstoran paling murah 100 Yen untuk satu potong sushi atau sashimi.
  9. Kebiasaan Minum Teh. Teh yang paling laku memang adalah teh hijau, disini teh hijau (ocha)lebih murah dibandingkan teh hitam (kocha). Minuman, baik teh maupun kopi yang disukai orang Jepang umumnya memang yang tanpa gula. Teh hijau sendiri memang salah satu sumber gizi yang sangat populer di Jepang. Terimakasih ditujukan kepada seorang pendeta Zen bernama Eisai yang telah membuat buku tentang Teh sehingga teh sangat populer di Jepang. Buku itu mengupas khasiat teh. Terutama teh hijau, di Jepang sangat dihargai karena bisa menjadi pelindung kesehatan dan panjang umur.
  10. Secara umum bentuk makanan olahannya sama saja di Jepang atau di Indonesia, rasa yang berbeda kerena pemakaian bumbu2 dan kecap khas Jepang, dan sake khusus buat masak yang mengandung alkohol....!!! susah mencari makanan olahan tanpa bumbu sake disini, sehingga kami memfavoritkan Sushi dan Sashimi sebagai makanan keluarga karena belum terkena "bumbu alkohol sake Jepang"
  11. Hidangan berbahan Rumput Laut. Rata-rata hidangan Jepang terdiri atau memiliki unsur rumput laut. Di banding makanan lain, rumput laut mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh. Seperti kalsium, magnesium, fosfor, besi, dan potassium.
  12. Disiplin Tinggi. Yang sangat membedakan adalah disiplin tinggi dari kebiasaan makan wanita Jepang. Pendapatan tinggi mereka tidak membuat mereka makan dalam jumlah banyak atau makan karena gaya hidup....pola makan sehat sungguh menjadi norma2 umum yang telah mengakar, ini sungguh sangat berbeda dengan di Indonesia yang pola makannya tak jarang dipengaruhi oleh pendapatan atau gaya hidup, dan bukan berdasarkan kesehatan.
  13. Hal lainnya, teman2 ....perawatan ? meskipun cantik kalo tidak terawat gimana bisa menampilkan kecantikan ? seandainya biasa2 saja tapi kalo perawatannya oke khan akan tampil mempesona...Wanita Jepang, paling royal kalo dandan, mode2nya sering aneh untuk ukuran wanita Indonesia. Harajuku adalah pusat mode di Jepang untuk urusan fashion dan style seluruh badan. bagi yang laki2....wah siap2 melihat aurat terbuka setiap harinya. Bahkan di toko2 seperti seven eleven atau lawson (seperti Indomaret kalo di Indonesia), gampang banget menemukan buku2 dan komik2 jorok seperti itu....
  14. Kebiasaan Jalan Kaki. Wanita Jepang dan semua orang Jepang umumnya, sangat suka berjalan kaki. Semua hal menunjang kebiasaan ini. Mulai dari hawanya yang tidak sepanas Indonesia, trotoar yang selalu tersedia buat pejalan kaki tanpa terpotong warung, atau penjual2 lainnya. Kemana saja tujuan mereka, asal jaraknya masih bisa di tempuh dengan jalan kaki, orang Jepang tidak sungkan dan tidak malas melakukannya. Maka jangan heran jika wanita Jepang yang cantik, makin terlihat segar dengan jalan kaki. Sebab, jalan kaki menyehatkan jantung sekaligus mengencangkan kulit.

0 comments:

1. 4.

About This Blog

Keyword Suggestion Tool

Enter Keyword

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP